Chat Terakhir Penumpang Sriwijaya Air, Sebelum Hilang Kontak, Minta Sang Istri Menunggunya Pulang

medan.tribunnews.com/2021/01/10/chat-terakhir-penumpang-sriwijaya-air-sebelum-hilang-kontak-minta-sang-istri-menunggunya-pulang
TRIBUN-MEDAN.COM - Cerita haru menyelimuti insiden kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang dikabarkan jatuh di sekitar Kepulaan Seribu, Sabtu (9/1/2021).
Seperti yang terjadi pada suami Aldharefa yang menjadi salah satu penumpang dalam pesawat nahas Sriwijaya Air.
Aldha tidak menyangka, chat WA dari suaminya beberapa menit sebelum boarding menjadi komunikasi terakhir pasangan suami istri tersebut.
Sebelum pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh, suaminya mengirim sebuah pesan WA (WhatsApp) penuh haru kepada istrinya.
Berikut isi percakapan terakhir Aldharefa dengan sang suami Ockybisma sekitar pukul 14.23 WIB.
Aldharefa: I Love You Apih, jangan lupa berdoa ya.
Ockybisma: Iyaa amihhku emoll. Tungggu apihh yaa sayangku.
Aldharefa: Iya sayangkuuu, Delay ya apih?
Ockybisma: Takeoff yaa sayangku.
Mendengar kabar Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak, mulai pukul 15.41-15.50 WIB, Aldha terus berusaha mencoba menghubungi suaminya.
Namun, pesan yang dikirimkan lewat WhatsApp tak kunjung masuk dan hanya centang satu (pending).
Aldharefa: Apih, Apih, Sayang, Apih udah landing belum, Apihhh, bales apih.
Apih, Apih bales, Apihhhh, Apih bales, Apih tolong bales, Sayangku.
Pesan yang berulang kali dikirimkan oleh Aldharefa tak juga mendapat balasan.
"Pihh balas pihh, kamu pasti kuat sayang. Kamu bisa bertahan," tulis Aldha.
Kesedihan yang dirasakan Aldha, ia bagikan lewat insta story Instagram miliknya.
Dalam insta story berikutnya, Aldha membagikan foto ia bersama dengan suami tercinta.
Dengan sebuah caption yang sangat menyentuh.
"Suamiku kamu pasti bisa bertahan," tuturnya.
Rasa kesedihan yang dirasakan oleh Aldha semakin menjadi-jadi, tatkala telah beredar luas pesawat yang di naiki sang suami jatuh di sekitar Kepulauan Seribu tepatnya di Pulau Laki.
Aldha lalu menuliskan sebuah pesan lewat insta story miliknya.
"Mohon doanya teman-teman, semoga ada mukjizat dari Allah selamat suamiku. Semoga tanpa kurang apapun," jelasnya.
Baca selengkapnya di www.tribun-medan.com

Komentar

  • Pras Mono
    Pras Mono9 hari yang lalu

    Kbetulan q lg jomblo.. Mnding nikah m aku aja mba.. Jgn patah smangat

  • Bruh

    Bruh

    8 hari yang lalu

    ciri ciri manusia anjg

  • Aries
    Aries9 hari yang lalu

    "tunggu apihh", akhirnya alm nepatin janjinya untuk pulang walau udah gak bernyawa :(

  • Syaa Athirah
    Syaa Athirah10 hari yang lalu

    ๐Ÿ˜ข

  • Veermand Adhy
    Veermand Adhy10 hari yang lalu

    Video singkat yg bs buat air mata menetes tanpa disadari.. Seakan2 kita ada diposisi mba nya..๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ญ Insya Allah husnul Khatimah suamimu mba ๐Ÿ™

  • Truth Will Set You Free
    Truth Will Set You Free10 hari yang lalu

    Ok2 nnti Saya tunggu Aja ya, nnti kalau dlm minggu ini Aja ya Min ๐Ÿ™ nnti klo belum diantar jg nnti di ambil di Kantornya. Saya tinggal di kotanya kok Min, pasti ketemu kok hehe ๐Ÿ˜‰๐Ÿ‘ Thankyou ya Min ๐Ÿ™ GOD bless ๐Ÿ™

  • Rokib Putra
    Rokib Putra10 hari yang lalu

    Sumpah saya menangis melihat ini

  • Ai Nur Lela
    Ai Nur Lela10 hari yang lalu

    Abang udah bahagia mbak d sisi Alloh,mbak yg kuat ya,mbak harus sehat,mbak harus ikhlas pasti Alloh menempatkan Abang d surga Amiin

  • Nelly Nilawati
    Nelly Nilawati11 hari yang lalu

    โ„๏ธ Duhโ€™ Gusti nuโ€™ Agung ๐Ÿ™๐Ÿป ๐Ÿ™๐Ÿป ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ baru menikah โ€œ ๐Ÿ’๐Ÿ’™๐Ÿง๐Ÿผโ€โ™‚๏ธ๐Ÿง๐Ÿผโ€โ™€๏ธ โค๏ธ๐Ÿ’ โ›„๏ธ ๐Ÿ˜ท ๐Ÿคง Greting from Holland ๐Ÿฅฒ๐Ÿ˜ญ โค๏ธ๐Ÿค๐Ÿ’™ ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ˜ƒ๏ธ

  • Ananda Vitrilia
    Ananda Vitrilia11 hari yang lalu

    yg sabar ya kak turut berduka cita semoga di trima di sisi allah swrt amin ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

  • Shafa Ashsahar
    Shafa Ashsahar11 hari yang lalu

    Ya allah๐Ÿ˜ญ

  • Sony_ Nj
    Sony_ Nj11 hari yang lalu

    Turut berduka cita. Semoga keluarga korban diberi ketabahan.

  • anov putri
    anov putri11 hari yang lalu

    Ikut sedih. Semoga khusnul khotimah..

  • Bayyek martadinata 15
    Bayyek martadinata 1511 hari yang lalu

    Mereka terbang nemembus awan menyapa bintang,tanpa berpamitan Walau tak pernah sampai tujuan Mereka berada di dalam kedamaian Jangan pernah mengharap mereka kembali Karna itu hanya membuat sesak hati Jangan pernah tanya mereka dimana Karna pasti jawabanya adalah suatu tempat yang kita sebut surga Istirahatlah dengan damai Doa kami selalu menyertai

  • PIKEBOY Adventure
    PIKEBOY Adventure11 hari yang lalu

    iddown.info/the/nqyxmt13vN7EfL8/video.html

  • Mochammad Jauhar
    Mochammad Jauhar11 hari yang lalu

    cantik nih

  • Pikri Hasibuan
    Pikri Hasibuan11 hari yang lalu

    Janda Kaya donk dapet Asuransi 1 miliar

  • Lwpt net
    Lwpt net11 hari yang lalu

    Dia tidak hilang hanya saja dia kembali ke sang pencipta semoga kepada keluarga yang di tinggal selalu tabah alfatihah untuk semua korban jatuhnya pesawat Sriwijaya air

  • GEN ZET
    GEN ZET11 hari yang lalu

    Semoga para korban di tempatkan di surga ya Allah, amiin.

  • Siti Adi
    Siti Adi11 hari yang lalu

    Semoga alm. Di tempatknan di sisi yg terbaik oleh Allah SWT Dan keluarga yg ditinggalkn di beri kesabaran dan ke tambahan

  • Sukandi Zinus
    Sukandi Zinus12 hari yang lalu

    Ah sedih

  • TrendQuran Family
    TrendQuran Family12 hari yang lalu

    Doakan semoga segala amal ibadah para korban diterima disisinya

  • Milen Nadia Lulu
    Milen Nadia Lulu12 hari yang lalu

    sedih sekali ya Tuhan, can't imagine๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข Yang kuat dan tabah yaa kak๐Ÿ™๐Ÿผ

  • Firrta Nadyy
    Firrta Nadyy12 hari yang lalu

    Gw Sih Owh aja Ngapain Ngurusin Maless Mending Senyum Aja

  • Rudi Agustian TV
    Rudi Agustian TV12 hari yang lalu

    Sekarang Aku Paham Betapa Berartinya Kata : "Kabarin Kalau Sudah Sampe" :)

  • Daff Jalur
    Daff Jalur12 hari yang lalu

    Nangis ya Allah,,,

  • MEDIA DAKWAH
    MEDIA DAKWAH12 hari yang lalu

    iddown.info/the/qWbapqt3k5vLf80/video.html

  • Bincang Inspiratif Ustadz Maliki
    Bincang Inspiratif Ustadz Maliki12 hari yang lalu

    Semoga korban cepat ditemukan

  • majedgamer 24
    majedgamer 2412 hari yang lalu

    Ra

  • majedgamer 24
    majedgamer 2412 hari yang lalu

    aaร aaFf

  • Rachell Elisabeth Celena Simbolon
    Rachell Elisabeth Celena Simbolon12 hari yang lalu

    Semoga diberi kekuatan dan kesabaran utk semua klg

  • Terpesona Channel
    Terpesona Channel12 hari yang lalu

    Sedih bgt:( iddown.info/the/gmvVopuUu7jHg9k/video.html

  • Monmon
    Monmon12 hari yang lalu

    Merinding , istrinya udah firasat banget

  • spica bernadhita
    spica bernadhita12 hari yang lalu

    Ini salah satu korban yg berhasil diindentifikasi tadi kan yg hari ini di beritain? Sabar ya mba... Turut berduka citaa ๐Ÿฅบ

  • aziz oke
    aziz oke12 hari yang lalu

    Ikut sedih๐Ÿ˜ž

  • Kompi Productions
    Kompi Productions12 hari yang lalu

    innalilahi wa innailaihi roji'un tolong di do'akan semuanya korban jatuhnya pesawat Sriwijaya sj-182 semoga di ampuni semua dosanya oleh Allah SWT, di terima semua amal ibadah nya dan masuk surga mendapatkan syafa'at Rasulullah SAW ... Aamiin

  • TrendQuran Family
    TrendQuran Family12 hari yang lalu

    Semoga amal ibadah mereka diterima di siaiNya....

  • Fatul Lmj
    Fatul Lmj12 hari yang lalu

    Ya Allah ya mba semoga ada kabar baik....amin

  • thiny ady
    thiny ady12 hari yang lalu

    Turut berduka kk semoga masuk surga amin

  • fifi nafisah
    fifi nafisah12 hari yang lalu

    Tak terasa, air mata menetes.. Semoga husnul khatimah..amin

  • SULTAN LEMBATA Langoday
    SULTAN LEMBATA Langoday12 hari yang lalu

    Yg sabar ya mba percayalah meninggal dg cara apapun itu yg terbaik menurut allah dan semoga mba bisa ikhlas dan di berikan kesabaran dia terbaik buat semua penumpang sriwijaya yg terkena musibah alfatiha

  • Rajo Dicky Meiriando
    Rajo Dicky Meiriando12 hari yang lalu

    Tetap tabah.....Tuhan tau yg terbaik....

  • Luna Rahma123
    Luna Rahma12312 hari yang lalu

    Ada yang bingung Kya gua ga sih, kok tubuh nya bisa hancur, tapi baju nya utuh, pasti tau kan baju anak kecil yang warna pink, yg dipake pas berangkat?

  • SIALAN GAMING
    SIALAN GAMING12 hari yang lalu

    *Pesawat SJ182 artinya* *S = Sabtu* *J = Januari* *182 (18:2) = 9* ~ *Sabtu 9 Januari* ~ *Apakah Benar* ??

  • devi milia anda rini
    devi milia anda rini12 hari yang lalu

    Udah teridentifikasi

  • Khazan
    Khazan12 hari yang lalu

    iddown.info/the/q2i4iraDtde4h7M/video.html

  • Z G
    Z G12 hari yang lalu

    iddown.info/the/rJSYqpePmJvOk9k/video.html

  • Riri Syafriani
    Riri Syafriani12 hari yang lalu

    ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • Rizq Dwika Valevy
    Rizq Dwika Valevy12 hari yang lalu

    ๐Ÿ™

  • Jamilah Mila
    Jamilah Mila12 hari yang lalu

    Smoga keluarga yg di tinggalkan di berikn kesabaran.. Innalliahiwaiinnalillahiroziun .. Smoga Husnul hotimah.

  • Raka NOAH
    Raka NOAH12 hari yang lalu

    Posdim

  • Just For Fun
    Just For Fun12 hari yang lalu

    Siapa yg dari lahir sampai sekarang belum pernah naik pesawat, ada yg sama?

  • RDS 06
    RDS 0612 hari yang lalu

    Ya allah sedih liat nya๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • Dele Mala
    Dele Mala12 hari yang lalu

    jomblo sikat gaes

  • mhmmd ilham
    mhmmd ilham12 hari yang lalu

    Sudah ketemu kok tapi cuman potongan tangan nya yaallah๐Ÿ™

  • Andrew Soebagoes
    Andrew Soebagoes12 hari yang lalu

    dipesawat bisa kirim2 pesan WA ya ?

  • Merryka Larosa
    Merryka Larosa12 hari yang lalu

    Aku dari kecil di biasakan dada (goodbye) sama pesawat yang lewat sambil mengucapkan " semoga sampai tujuan, hati hati di jalan" Walaupun aku gapernah ngerasain naik pesawat Tapi aku berharap ketika gua di pesawat orang orang yang ngelihat aku Nge doain aku semoga selamat sampai tujuan

  • aN a
    aN a13 hari yang lalu

    Bukannya dipesawat gaboleh nyalain signal Hp yah??? Kok malah chatan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Kan bsa meng ganggu sinyal pesawar trsbt

  • Sahminudin Ir
    Sahminudin Ir13 hari yang lalu

    Mengharukan. Tapi memang takdir dari Yang Mahakuasa. Kita memang bersedih, namun mereka yang jadi korban ditempatkan disisi-Nya yang paling baik.

  • Sam Jgo
    Sam Jgo13 hari yang lalu

    Janda muda

  • Samsuling Samsung
    Samsuling Samsung13 hari yang lalu

    Yah Allah percepat lh penemuan jasad mereka yh allah

  • CARA IDEAL
    CARA IDEAL13 hari yang lalu

    semoga keluarga korban pesawat Sriwijaya sj 180 di tabahkan ๐Ÿ™

  • โ€ขThe Kreasi Channelโ€ข
    โ€ขThe Kreasi Channelโ€ข13 hari yang lalu

    Komen Ah Siapa Tau Ada Yang Subscribe ๐Ÿ˜๐Ÿคฃ

  • zeus zeus
    zeus zeus13 hari yang lalu

    Turut berdukacita yang sedalam dalamnya๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ bagi para korban sjy 182 Tujuan pontianak.๐Ÿ˜ญ

  • ricki sanjaya
    ricki sanjaya13 hari yang lalu

    Wduh jangan jangan itu

  • Hadi Suhanto
    Hadi Suhanto13 hari yang lalu

    Turut berduka cita

  • haikal ilmi
    haikal ilmi13 hari yang lalu

    Perasaan gambar diwaktu mereka menikah nggak pake hijab. Tapi kenapa dia buat status berdoa kepada allah?

  • RiskhaKu

    RiskhaKu

    12 hari yang lalu

    Mereka muslim kok kan gaada patokan kalo nikah g hijab bukan muslim?

  • Sansan Bastard
    Sansan Bastard13 hari yang lalu

    Ya Allah ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜‡๐Ÿ™๐Ÿป

  • Handika Putra
    Handika Putra13 hari yang lalu

    Mirip @atenxkatox

  • fisabilillah Aziz
    fisabilillah Aziz13 hari yang lalu

    Gw cuma bisa bilang Allahuakbar , karna Allah maha besar dan maha penyayang, insha Allah seluruh korban dikasih tempat yg baik di sisi Allah Subhanahu Wata'alaa. Dan ditempatkan di surga Nya,,, ya Allah apa jadi nya kalo kita yg di pesawat itu trus ga ktemu kluarga dan kluarga ga ktemu kita lagi ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

  • Muhammad Jusri
    Muhammad Jusri13 hari yang lalu

    Korban pertama yang teridentifikasi dialah orangnya Moga keluarga dan istrinya kuat menerima kenyataan yang ada Insya Allah tempat terbaik jadi miliknya di pangkuan sang pencipta๐Ÿคฒ๐Ÿผ Aamiin

  • Lelly ST
    Lelly ST13 hari yang lalu

    Alhmdulillahh kabarnya alm. Oky bisma udah diidentifikasi yaahh.. Walopun "maaf" cuma bagian tangan kanannya yg naru ketemu.. Semoga syahid, husnul khotimah, yg sabar ikhlas yaa mbak..

  • Maggie Trupido
    Maggie Trupido13 hari yang lalu

    ๐Ÿ”ฑ๐ŸŽฆ๐Ÿ’ โœจโ˜ข๐ŸŒฆ๐Ÿงน๐Ÿ‘ผโ„โœจโœจ๐Ÿ”ตโœจ *Yesus Kristus adalah Anak Allah, yang mati dan bangkit dari kematian untuk Beri kami hidup kekal.* *Dia juga berjanji untuk menyembuhkan tubuh Anda.* *(lihat ke atas dan tanyakan padanya)*

  • Umar Salafi
    Umar Salafi13 hari yang lalu

    rip jurnalisme.

  • PAPIHE NADA SWARA
    PAPIHE NADA SWARA13 hari yang lalu

    SIDO RONDO.....

  • ida susilawati
    ida susilawati13 hari yang lalu

    Yg sabar y kk insya allah beliau tenang di alam sana di trima di sisi allah swt.

  • Revita celiana sihab Revita
    Revita celiana sihab Revita13 hari yang lalu

    Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT.aminnn๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • Echy Moyz
    Echy Moyz13 hari yang lalu

    Innalillahi wainailahirojiun......yang sabar ya mba

  • The Ricis Official
    The Ricis Official13 hari yang lalu

    innalilahi wa innailaihi roji'un tolong di do'akan semuanya korban jatuhnya pesawat Sriwijaya sj-182 semoga di ampuni semua dosanya oleh Allah SWT, di terima semua amal ibadah nya dan masuk surga mendapatkan syafa'at Rasulullah SAW ... Aamiin

  • FRN GAMING

    FRN GAMING

    12 hari yang lalu

    Hai kak ricis

  • KOMENTAR SEJATI

    KOMENTAR SEJATI

    12 hari yang lalu

    @Muhammad Rifandi bocil koar koa0r

  • Muhammad Rifandi

    Muhammad Rifandi

    12 hari yang lalu

    Itu bnr woi akunnya

  • Trivia Quiz

    Trivia Quiz

    12 hari yang lalu

    report aja biar di banned

  • Rifky Fadhilah

    Rifky Fadhilah

    13 hari yang lalu

    Kirain Kak ICIS Betulan ๐Ÿ‘„

  • sary sns
    sary sns13 hari yang lalu

    Semua udah takdir

  • Bayu Angga
    Bayu Angga13 hari yang lalu

    Bygkn chat wa kita ke pasangan kita klo cuma centang 1 bingungnya setengh mati.pdhl cuma gara2 sinyal buruk.lah ini bnr2 centang 1 selamanya gk ada balasan.apalagi ketemu ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • F Saswin
    F Saswin13 hari yang lalu

    Lahh tadi pas nyebutin ciri2 ALM mas okky Katanya berstatus belom kawin

  • dinda hakiki
    dinda hakiki13 hari yang lalu

    Udh ketemu tapi status nya kok blm menikah ya?

  • teddy Kurniawan

    teddy Kurniawan

    13 hari yang lalu

    E ktp saya juga belum nikah. Saya bikin thn 2013. Nikah 2015. Gk perlu dirobah lagi kata kelurahan, stok kartu abis. ๐Ÿ˜ญ

  • Hoho Hehe
    Hoho Hehe13 hari yang lalu

    Terharu gua cuk ๐Ÿฅบ๐Ÿ˜ญ. Bnyak yg sabarr y mbkk

  • Kang Fredt
    Kang Fredt13 hari yang lalu

    Semoga amal ibadahnya ditrima disisinya ๐Ÿ™ Semoga kedepan nya "BECAK" semakin ramai

  • Adi Nafsuprata
    Adi Nafsuprata13 hari yang lalu

    masi banyak pekerjaan yg resikonya masi d bawa.walau penghasilan dikit syukur.jangan mau terkenal.berpangkat terhormat itu lah yg terjadi

  • UNDI YANTO
    UNDI YANTO13 hari yang lalu

    Rondo anyar cah... Sokaaaat

  • Adi Nafsuprata
    Adi Nafsuprata13 hari yang lalu

    jangan jadi orng bodok.sudah tahu menjadi pramugari atau pilot resiko yg sangat fatal masi saja sok jadi terkenal.maka itu habis sudah

  • Kartun Indonesia
    Kartun Indonesia13 hari yang lalu

    Sedih

  • Elfi Sukaesih
    Elfi Sukaesih13 hari yang lalu

    amin ya allah yg sabar ya bak smga bak slau di beri ke tabahan

  • Elfi Sukaesih
    Elfi Sukaesih13 hari yang lalu

    amin ya allah smg selamat ya

  • CWS SARANA
    CWS SARANA13 hari yang lalu

    Merinding...smoga amal ibadah nya di terima di sisi allah swt.

  • West Borneo Stories
    West Borneo Stories13 hari yang lalu

    Semoga Amal Ibadah nya diterima di sisinya ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป _SJ 182_ *Sabtu Januari tgl 9* *S* Sabtu *J* Januari *18 : 2* = 9 sampai skrg masih belum percaya kenapa bisa Pas ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜” Saya org pontianak Kalbar sangat berduka mendalam utk smua

  • pasla nido
    pasla nido13 hari yang lalu

    Ada hikmah di balik semua ini positif tingking dan strooooong

  • Eko Endiawan
    Eko Endiawan13 hari yang lalu

    Saya ikut sedih yg sabar yaaaa..

  • fatoniahmad 566
    fatoniahmad 56613 hari yang lalu

    Kalau melihat dari kerusakan pesawat yg hancur begitu kecil kemungkinan bisa selamat,ya semoga diberikan ketabahan dan kesabaran bagi keluarga yg ditinggalkan amin

  • mr tjipta
    mr tjipta13 hari yang lalu

    seperti nya kudu iklas in

  • alya natalisia
    alya natalisia13 hari yang lalu

    Aku pernah diposisi mbak ini . Chat terakhir suami adlah pesan trkhr utk selama2nya ... Sudha 3 thn msh sendiri .

  • azizah
    azizah13 hari yang lalu

    Ya tuhann,malahan jadi yg pertama teridentifikasi,insyaallah surga tempat mas okky dan temen2 sj182 berada,semoga mba aldha diberikan ketabahan dan kesabaran,aamiin๐Ÿ™๐Ÿป

  • Rabia Queen
    Rabia Queen13 hari yang lalu

    Ya Allah nyesek...surga menantimu... Kejadian ini mengingtkan kita betapa pentingx kebersamaan slg syg slg mencintai selama qt masih hidup didunia bersama org2 trsayang jgn berantem2 ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • Ana Siswoatmodjo
    Ana Siswoatmodjo13 hari yang lalu

    Korban yg pertama diidentitifikasi adalah pramugara ini

  • Pikri Hasibuan

    Pikri Hasibuan

    12 hari yang lalu

    Okki Bisma

Berikutnya