Pengamat: Yang Didengar Nelayan Kemungkinan Suara Sayap Patah Pesawat Sriwijaya Air

JAKARTA, KOMPAS.TV Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di sekitar lokasi jatuhnya Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ-182.

Berdasarkan informasi tersebut, Pengamat Penerbangan Alvin Lie, menganalisis sementara suara yang didengar oleh nelayan tersebut merupakan suara sayap patah Sriwijaya Ai SJ-182

"Kecepatan dia kehilangan ketinggian dalam 30 detik itu 10.000 kaki kurang lebih, itu kecepatan menukiknya juga sekitar 30.000 kaki per menit, tidak menutup kemungkinan itu sayap-sayapnya sudah patah pada saat itu. Dan suara itu suara sayap patah," kata Alvin, Minggu (10/1/2021).

Namun tak menutup kemungkinan jika suara tersebut merupakan suara dari pesawat jatuh ketika menabrak permukaan laut.

Lalu bagaimana analisis sementara dari pengamat penerbangan terkait kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ini?

Simak dialog bersama Pengamat Penerbangan Alvin Lie.

Komentar

  • Telo gantong
    Telo gantong22 hari yang lalu

    Sepertinya meledak diatas, karn kalo jatuh di laut , masih ada potongn besar sayap, ekor, moncong yg masih utuh, tapi kenyataaanya hnya berkeping2 puing2

  • Ptyty
    Ptyty22 hari yang lalu

    Saya lebih cenderung kepada keadaan cuaca, seperti tragedi Air Asia, tiada masalah dari pesawat dan pilot tapi cuaca sangat extreme ketika itu

  • Aqilamika123 Saja
    Aqilamika123 Saja27 hari yang lalu

    😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭

  • Nila Hernila
    Nila Hernila27 hari yang lalu

    Subhanalloh...ALLOHU AKBAR ..tdk ada yg bisa melawan takdir...srmoga semuanya kkhusnul khotimah..AMIIN YRA

  • Laili Jabarin
    Laili Jabarin28 hari yang lalu

    Kalau benar belok kiri kanan pasti ada yg jaking pesawat . Ada yg nodong kali

  • Mukhrans Syah
    Mukhrans SyahBulan Yang lalu

    menurut saya bhw sayap yg di ekor pesawat copot duluan alias gak berfungsi shg pesawat turun menukik ke bawah, gak bisa lagi di arahkan ke atas. Rupanya kurang di kontrol sayap belakangnya

  • shinta kus anggraini
    shinta kus anggrainiBulan Yang lalu

    4 menit .. Ya Alloh 😭😭😭

  • sing lay
    sing layBulan Yang lalu

    I was thought boeing 737-500 stall fall to the sea now we dont know investigation knkt will find out what happen last moments hope not cause by human error if human error all indonesia pilots have a full training of stall pray for sj 182..

  • Uzumaki Naruto
    Uzumaki NarutoBulan Yang lalu

    Kenapa Juga Para Pilot Terus Meninggi

  • apa nama
    apa namaBulan Yang lalu

    Turut berduka 😢 - from 🇲🇾

  • Erik Kong
    Erik KongBulan Yang lalu

    Yutup

  • Erik Kong

    Erik Kong

    Bulan Yang lalu

    Erikkom

  • Belekok
    BelekokBulan Yang lalu

    Kalau liat kronologis nya koq kayak terkena microburst ya... Microburst itu angin kencang yang datangnya dari atas ke bawah. Dan microburst ini harusnya keliatan di radar dan pilot bisa menghindar. Bisa jadi radar rusak, jadi ngga keliatan... Haha.. cuman perkiraan saya aja.. penyebab pastinya tunggu hasil penyelidikan KNKT. Turut berduka cita yang mendalam untuk semua korban SJ182 🙏🙏

  • Oma Indah
    Oma IndahBulan Yang lalu

    suara seperti bom ketika jatuh 😭

  • Tony Kusmiran
    Tony KusmiranBulan Yang lalu

    mungkin ketabrak material atau benda asing

  • Lina Amir
    Lina AmirBulan Yang lalu

    Subhanallah

  • Bernard van houten
    Bernard van houtenBulan Yang lalu

    Hanya hitungan detik bisa sampai ke bawah, turun dengan mesin hidup kalo ini....

  • Ujang PTLG
    Ujang PTLGBulan Yang lalu

    Feeling gw sih sayap patah sebelum jatuh menukik . Inalillahiwainaillahirojiun .

  • Santi Salma
    Santi SalmaBulan Yang lalu

    Innalillahi wainna ilaihi roji'un

  • Wiwik Sulistiyowati
    Wiwik SulistiyowatiBulan Yang lalu

    2g

  • Karin Ririn
    Karin RirinBulan Yang lalu

    Saking kenceng nya jatuh di ketinggian 10ribu kaki otomatis akan hancur lebur.dengan waktu yg se singkat itu

  • Tatang mustopa Mustopa
    Tatang mustopa MustopaBulan Yang lalu

    Mengadakan barang memang susah tapi lebih susah lagi merawatnya wasalam .

  • rahmi saputri
    rahmi saputriBulan Yang lalu

    Ibarat kapal titanic, secanggih dan sehebat apapun kapalnya tapi saat dilaut dia ketemu gunung es yg tebalnya dibawah.. Langsung hancur.. Gak ada menyangka ada gunung es dilautan.. Sama seperti SJ 182 ini.. Faktor cuaca buruk, hujan deras, nabrak awan gelap berair/berkristal es/butiran batu, kesambar petir.. Gak ada yg tahu keadaan di langit saat itu kecuali pilot dan para korban..

  • rahmi saputri
    rahmi saputriBulan Yang lalu

    Cuaca buruk 😭

  • Syamrotul Fuad
    Syamrotul FuadBulan Yang lalu

    Kalau umur pesawat gk jd masalah.. Karna harus mengutamakan perawatan.... Besar kemungkinan pesawat yg jatuh kurang nya perawatan atau memang tdk pernah di lakukan perawatan.... Jk demikian... Harus ada pihak petugas pengawasan dlm setiap maskapai... Biar indonesia gk selalu jatuh pesawat... Ini sangat prihatin sekali di lihat negara tetangga... Malu sama singapore... Malaysia... Gk pernah denger pesawatnya jatuh

  • Willy Limas
    Willy LimasBulan Yang lalu

    nanti juga berita ini lama2 hilang sendiri, dan apa penyebab kecelakaan / musibah ini tidak akan pernah di publish atau di beritahukan ke publik, seperti yang sudah2 terdahulu .........

  • Asni Wati
    Asni WatiBulan Yang lalu

    K

  • Umik An
    Umik AnBulan Yang lalu

    Semoga Allah memasukkan mrk ke dlm syurgaNya. Ajal itu pasti dan kecelakaan itu hanya sebab. Kepada keluarga mangsa semoga tabah. Kita semua sedang menunggu untuk dipanggil Allah cuma tidak tahu di mana dan bila serta bagaimana.

  • Syawalina Fitria Adliyus
    Syawalina Fitria AdliyusBulan Yang lalu

    Semoga Allah SWT menempatkan almarhum dan almarhumah di surga-Nya. Dan semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan menghadapi cobaan ini.

  • malaikat tanpa_sayap
    malaikat tanpa_sayapBulan Yang lalu

    Dlm sekejap nyawa seluruh sriwijaya air di ambil maha kuasa

  • Denny Pane
    Denny PaneBulan Yang lalu

    Turut Berduka Cita....🙏🙏😭

  • Kedai Palestine2000
    Kedai Palestine2000Bulan Yang lalu

    Seandainy gw tau, atau gw pny penglihatan lebih, gw bakal suruh tu pesawat Ng terbang

  • Reviewin
    ReviewinBulan Yang lalu

    kayaknya peswatnya kena petir bgian sayapnya,,..terus tiba2 belok drastis

  • Afrina Mariana
    Afrina MarianaBulan Yang lalu

    turut berduka, semoga keluarga yg ditinggalkan bisa tabah dan sabar

  • Hendrikzalmalureng Hendrikzalmalureng
    Hendrikzalmalureng HendrikzalmalurengBulan Yang lalu

    SESUAI YG SY LIAT DAN GAMBARAN YG ADA,KECURIGAAN SY PESAWAT TERSEBUT DI BAJAK,ATAU JD KORBAN BOM,SELAMH KEJADIAN PESAWAT JATUH YG SY KETAHUAI,BARUH KALI IN SY MELIHAT PESAWAT HANCUR LEBUR TAMPAH ADA SATU PUN YG UTUH,KURSINYA SAJA TIDAK ADA YG UTUH,SEMOGA KORBAN SJ SEMUA MASUK SURGA AAMIN YAALLAH SWT

  • Yulan Bado
    Yulan BadoBulan Yang lalu

    Tidak bisa dibayangkan ya Rabb😭 surga surga surga mereka semua sudah mendarat di surga amiiinn

  • MUHAMMAD HASIF ZAKWAN
    MUHAMMAD HASIF ZAKWANBulan Yang lalu

    S:sabtu J:januari

  • Monalisa Cutez
    Monalisa CutezBulan Yang lalu

    Makanya kalau delay pesawat jgn marah2 klo marah2 kan jdinya mereka maksain utk berangkat jd berangkat eh malah bgini. Sekali lagi klo delay tunggu dulu biarin dulu. Tanya baik2 kenapa, lihat sekeliling cuacanya gmna. Jgn langsung marah2

  • yesi budiyanti
    yesi budiyantiBulan Yang lalu

    9864218

  • Candra Kikitia
    Candra KikitiaBulan Yang lalu

    Mulanya mereka g ada yg terkenal. Tp setelah kejadian ini. Seluruh Indonesia mendo'akan mereka. Semoga khusnul khotimah🙏

  • rigor mortis
    rigor mortisBulan Yang lalu

    Ngga kebayang, ketika pesawat belok kiri, sayap kanan meledak dari arah bawah sayap hingga membuat pesawat berputar dalam hitungan kurang dari 1 detik,, penumpang kaget pun ngga sempat bicara apa2, 4 detik kemudian sudah gelap gulita.

  • Siti Sahara
    Siti SaharaBulan Yang lalu

    Pp

  • Yusif jeka
    Yusif jekaBulan Yang lalu

    Musibah pesawat jatuh belum selesai, gempa bumi terjadi

  • Human Coco
    Human CocoBulan Yang lalu

    Huhuhu

  • Malang malang
    Malang malangBulan Yang lalu

    J bun za àgjoóoiidtdytdyttt u

  • Dilla Ayu
    Dilla AyuBulan Yang lalu

    oi

  • ROBIN CMIWIW
    ROBIN CMIWIWBulan Yang lalu

    Waktu itu memang hujan lebat banget petirnya keras bgd menyambar tepat jam segitu. Bisa jadi petir menyambar mesin rotor disayap hingga meledak sehingga pesawat tidak bisa dikendalikan kemudian terbang menukik kebawah. Inna Lillahi wa inna illaihi rajiuun

  • Sastro Suro
    Sastro SuroBulan Yang lalu

    Brdasarkan pnelitian sementara para paranormal supranatural keadaan psawat overload ...demikian trima kasih..

  • George George
    George GeorgeBulan Yang lalu

    Ban roda pesawat hilang dan velek roda pesawat pecah. Pasti ada ledakan, sampai velek bisa pecah.

  • Zikri Ramadhan
    Zikri RamadhanBulan Yang lalu

    Dan cuk

  • tinna diary
    tinna diaryBulan Yang lalu

    yg jelas murni musibah kecelakaan karna cuaca awan hitam saya pribadi waktu blik cuti ke hongkong pas mau turun lepas landa pas cuaca2 buruk hujan deras si Peshawar oleng mengerikan Alhamdulilaah selamat pas mendarat cuaca ga hujan selamat Alhamdulilaah kuasa Allah swt Aamiin jazakumulaah khair

  • Loka Ratana
    Loka RatanaBulan Yang lalu

    kehidupan ini tidak pasti..hanya satu yang pasti yaitu kematian..kematian adalah hal yang pasti terjadi

  • Nur Wasiyati
    Nur WasiyatiBulan Yang lalu

    Semoga husnul khotimah,n klg yg ditinggalkan diberikan keiklasan ketabahan n kekuatan

  • Jaya Permana
    Jaya PermanaBulan Yang lalu

    iiserem pesawatnyajatuh

  • Ana Ismail
    Ana IsmailBulan Yang lalu

    ALLAHUAKHBAR....😭😭😭😭😭😭🥱🥱

  • Cancerian Cancerian
    Cancerian CancerianBulan Yang lalu

    Slm takziah dr mlysia..kmi turut bsedih..

  • raan games
    raan gamesBulan Yang lalu

    Ko mbanya ngomongnya gugup

  • antar Channel
    antar ChannelBulan Yang lalu

    Turut berdukacita ... Semoga kalian yg telah d panggil oleh sang pencipta... diterima disisinya Amin

  • Yudha Septa Hermawan S.h
    Yudha Septa Hermawan S.hBulan Yang lalu

    Semoga mereka semua masuk surga. Amin

  • Bani Printing
    Bani PrintingBulan Yang lalu

    innalillahi wa innalillahi roji'un...

  • Monica Lgh
    Monica LghBulan Yang lalu

    Setiap saya naik pesawat dari naik tangga sampai turun tangga hati gak tenang berdoa gak putus 2,rasa ketakutan selaku menghantui..namun situasi yg mengharuskan kita naik pesawat.. terpaksa kita lakukan walau takutnya luar biasa.

  • Syukri Himran
    Syukri HimranBulan Yang lalu

    Turut berfuka sedalam dalamnya atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air, semoga para penumpang yg beriman wafat sebagai Syuhada, amin.

  • Azahari omar
    Azahari omarBulan Yang lalu

    Kelemahan masih tidak diakui

  • Tukang promosi
    Tukang promosiBulan Yang lalu

    Seperti nya pesawat nya disabotase🤔🤔.. tapi gatau jgalah..

  • Fendi Awit Yulianto
    Fendi Awit YuliantoBulan Yang lalu

    99999999

  • Omoronyoy Caliweura
    Omoronyoy CaliweuraBulan Yang lalu

    Ah sotoy lu Vin.. Tunggu aja hasil investigasi KNKT atau ambil investigasinya dari USA.

  • Ibu Sudaryanti
    Ibu SudaryantiBulan Yang lalu

    Ya Allah berilah tempt yng terbaik husnul khatimah,smg tdk ada musibah lagi

  • Intan Veronika
    Intan VeronikaBulan Yang lalu

    Turut berduka cita

  • Tin Rostini
    Tin RostiniBulan Yang lalu

    Subhanaloh begitu cepat perubuhan ke tinggian nya! Semoga semua korban mendapatkan tempat yang layak👍👍👍

  • Youke Karen
    Youke KarenBulan Yang lalu

    Jjjjjpo j k👍

  • Rully Armansyah
    Rully ArmansyahBulan Yang lalu

    KOQ.. KEHILANGAN KETINGGIAN SIH.... ?? BUKAN KEHILANGAN DAYA ANGKAT..?? MANA YG BENER SIH..??

  • serba serbi youtube
    serba serbi youtubeBulan Yang lalu

    Berarti pesawat terjun bebas dari ketinggian 3000 meter dengan kecepatan 600 km / jam,,g bisa bayangin,,

  • Dimas Joko Sulistyo

    Dimas Joko Sulistyo

    Bulan Yang lalu

    10rb kaki mas kurang lebih terjun turun sampai 250 kaki sebelum menghantam laut kecepatan nya 630km/jam kurang lebih

  • Dhe Bruiggs
    Dhe BruiggsBulan Yang lalu

    dari aplikasi google Radar 24 terbaca sebelum hilang kontak pesawat mengalami perubahan rute yg tiba" /belok kekanan sangat tajam dgn membentuk sudut belokan 70 derajat lalu lurus sejauh lebih 3 - 5 km sebelum hilang kontak....kalaupun ada human error pesawat sengaja dipaksa belok maksimal oleh pilot, pesawat tidak akan membentuk sudut setajam itu, pasti akan membuat radius belokan yg agak melingkar dgn sudut sangat landai, tidak mungkin langsung membentuk lebih 30 derajat dalam waktu sangat singkat....something ada dorongan maha dahsyat dari arah barat (sebelah kiri pesawat) yg menghilangkan kendali pesawat dan kru, dan pesawat masih bisa terbang 3 - 5 km sebelum jatuh ke laut dangkal, jadi kemungkinan cuaca sangat ekstrim berupa badai angin yg terjadi....saksi mata nelayan di dekat TKP tidak mendengar suara mesin pesawat, hanya melihat saat itu udara berkabut dan ada cahaya jatuh ke laut (kemungkinan lampu sorot pesawat) lalu ada ledakan....mungkin KNKT perlu penyelidikan lebih komprehensif spy publik bisa mengikuti dgn lebih seksama 😉😉

  • dokenpaser rds
    dokenpaser rdsBulan Yang lalu

    Ingat benda itu hanya rakitan manusia tak peduli seberapa canggihnya...tetap aja sewaktu waktu bisa jatuh/rusak tidak ada yg sempurna, Seharusnya dari kejadian2 kecelakaan pesawat yg ada di,indonesia selama ini,indonesia harus bisa merubah menambahkan fitur keselamatan penumpangnya dengan adanya cabin kapsul parasut,kenapa gak tidak diterapkan rencana cadangan tersebut...saya nilai sih untuk keselamatan,nya masih gak menjamin dan PAAYYAAH

  • zori tjhia
    zori tjhiaBulan Yang lalu

    kurasa sayapnya patah/ RETAK sebelah kiri

  • Dinda Vyrli
    Dinda VyrliBulan Yang lalu

    pesawat ko bisa jatuh

  • Tri Yana
    Tri YanaBulan Yang lalu

    Turut berduka semoga Kusnul kotimah Aamin

  • Muhammad Nurr
    Muhammad NurrBulan Yang lalu

    Main serurut aja asik lagi, pakek stulaimut buah pinang enek lagi

  • Joli Joli
    Joli JoliBulan Yang lalu

    Astagfirullahalaziim ...laailaha ilallah...innalillahi wainnailayhirojiuun .moga korban ditempatkan di syurga Amiin

  • Rohani Sayang
    Rohani SayangBulan Yang lalu

    إِنَّا ِللهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين Semoga Amal ibadah Almarhum di terima dan di tempatkan di Raudhil Jannahnya.. Semoga keluarga yg ditinggalkan dberikan ketabahan dan kesabaran. Alfatihah : بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم. ۞ اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ العَالَمِينَ ۞ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ۞ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ۞ إيَّاكَ نَعْبُدُ وإيَّاكَ نَسْتَعِينُ ۞ اِهْدِنَا الصِّراطَ الْمُسْتَقِيمَ ۞ صِرَاطَ الَّذِينَ أنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّيِنَ ۞ .. آمِّيْن

  • MANTERA RULES
    MANTERA RULESBulan Yang lalu

    Mungkin salah satu sayap mengalami damage atau patah

  • Fajar Yuliansah
    Fajar YuliansahBulan Yang lalu

    Suara pesawat nabrak awan

  • Jonelsone Swat
    Jonelsone SwatBulan Yang lalu

    pesawat terbang itu klo mati mesin juga 100 % msih bisa mendarat apa lagi diatas air karena sudah dirancang sedemikian rupa untuk keamanan pesawat tersebut mau itu jenis pesawat yang lama atau baru itulah kecanggian dari tehknologi dunia merancang pesawat itu untuk bisa terbang dengan memiliki badan yang seimbang lengkap dengan sayap dan ekornya yg sudah sesuai penempatannya masing yang bisa secara penuh dikendalikan oleh pilot dan awak lainnya dalam pesawat itu kecuali ada sesuatu yang terjadi dari dalam pesawat itu sendiri sehingga ada bagian dari pesawat itu yang terpisah dari bagian yang lain diatas hingga tidak ada keseimbangan lagi dari pesawat tersebut.

  • Solusi Hewan Sakit
    Solusi Hewan SakitBulan Yang lalu

    Semoga korban kecelakaan tenang di alam sana. Semoga keluarga yg ditinggalkan tetap sabar menghadapi semua ini. Hidup ini misteri

  • No Pro Cell
    No Pro CellBulan Yang lalu

    Memang sih sudah garis hidup mereka hanya sampsi. di situ . Allah sudah menghendaki mereka kembali alam baka .

  • No Pro Cell
    No Pro CellBulan Yang lalu

    Apa waktu mau terbang mesin pesawat keadaannya bagus ? Nggak dicek dulu apa ya ? Sediiih .

  • Muhammad Nurr
    Muhammad NurrBulan Yang lalu

    21 halal Ber Tubuh 12 1982 1981 2819 1983 PANJANG lebar ? ! LUAS TANAH

  • Muhammad Nurr
    Muhammad NurrBulan Yang lalu

    Panjang umur

  • Muhammad Nurr
    Muhammad NurrBulan Yang lalu

    Duri stunami Aceh

  • kang ujang bustomi fans
    kang ujang bustomi fansBulan Yang lalu

    jika mati sudh di takdirkan makah, tidak ad lgi yg bisa mengubah ny

  • Rara_ ekacylia
    Rara_ ekacyliaBulan Yang lalu

    Takut banget Astaghfirullah Sedihhh inalillahi wainalillahi rojiun 😢

  • Reza18 KendangJTM
    Reza18 KendangJTMBulan Yang lalu

    Jakarta-->pontianak X Jakarta-->Surga√

  • Kiesell Channell
    Kiesell ChannellBulan Yang lalu

    Kenapa tidak menanyakan langsung ke petugas atc yg pada saat itu bertugas untuk komunikasi dgn pilot dan copilot sriwijaya air sj182 mungkin dia bisa beritahu terakhir nya komunikasi mereka

  • Ami tu
    Ami tuBulan Yang lalu

    Turut Sedih Ngeri Ngerasakan Membayangkan Meresapi Yaalloh Yarob Amouni Segala dosa dosanya 😢😢

  • Ami tu
    Ami tuBulan Yang lalu

    Inalilahiwaainailahiroziun turut Berduka Cita Saudaraku Yg Mengalami Jatuh Kedalam Laut Semogga Khusnul Khotimah yaalloh Subhhannalloh 😢😢😢

  • anak singkong
    anak singkongBulan Yang lalu

    Saya ada ideas kasih camera cctv setiap pesawat bagian kopilot..Akan selalu terkontrol dan terpantau setiap kejadian. . Dan bisa jadi pengetahuan dan ilmu penerbangan saat terjadi kesalahan tecnik.

  • si bogeng
    si bogengBulan Yang lalu

    Sayapnya patah mungkin

  • Hamdan Malik
    Hamdan MalikBulan Yang lalu

    Jangan memotong pembicaraan narasumber....

  • Maria Bpp
    Maria BppBulan Yang lalu

    Itu petir ke 2 baru jatuh

  • Sri Rahayu
    Sri RahayuBulan Yang lalu

    Cvg

  • Cinta Indonesia
    Cinta IndonesiaBulan Yang lalu

    Mungkin bisa jadi keserang badai di atas.. .. .. jadi naik turun, yg pdahal kan posisi pesawat baik2 saja.. .. Maaf kalau salah 🙏

Berikutnya