Pradesain Istana Negara

Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.
Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.
Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara.

Komentar

  • Agus boch ngawi cenel
    Agus boch ngawi cenel2 jam yang lalu

    Istana garuda cirikas bangsa indonesia 👍👍👍

  • Sendi setiana
    Sendi setiana3 jam yang lalu

    Kota ideal

  • Syaifull Hadi
    Syaifull Hadi5 jam yang lalu

    Permisi pak.saya beri masukan ibu kota harus bebas banjir.tahan gempa.bebas kebakaran...ramah untuk semua kalangan.bebas asap rokok dan kendaraan.

  • Syaifull Hadi
    Syaifull Hadi5 jam yang lalu

    Harus bebas banjir dan bebas kebakaran

  • Chika amin
    Chika amin6 jam yang lalu

    Pak Jokowi pernah ke Jatim Blitar Sutojayan lihat Sungai yg ada di Sutojayan Dan itu saya ada di Sana rumah ada di dekat Sungai itu.

  • Mita Aryani
    Mita Aryani7 jam yang lalu

    Desain doang

  • Fajrul Amin
    Fajrul Amin13 jam yang lalu

    semoga semuanya dilancarkan sampai selesai

  • Ef Prast
    Ef Prast13 jam yang lalu

    Sekarang sy sedang studi s1 teknik sipil di salah satu universitas di sulawesi selatan, sy mau persiapan diri untuk kerja di kalimantan, amin

  • Yerimiee 99
    Yerimiee 9914 jam yang lalu

    Semoga cepat terealisasikan, amiinn...

  • Satria Nararya98
    Satria Nararya9816 jam yang lalu

    Mudah-mudahan & Semoga Tercapai Dan Menjadi Kenyataan Untuk Negara Gw Ini:"Indonesia " Tapi Teknologi Segala Aspek Lebih Modern, Canggih, & Maju Lagi Pak Presiden

  • Va Main / Diva
    Va Main / DivaHari Yang lalu

    semoga dikityaa pedagang kaki 5 biar tempatnya bersih juga😊

  • restu
    restuHari Yang lalu

    Kayak kota Mega😲👍

  • Maria 3333
    Maria 3333Hari Yang lalu

    Bismillah..semoga menjadi ibukota tersehat di dunia..

  • Royban ID 25Channel
    Royban ID 25ChannelHari Yang lalu

    Sukses pak presiden ku tercinta ❤️ Carikan🙏 para calon presiden untuk ibu kota baru yang berkualitas, kerja nyata ,tanggung jawab, jujur dan merakyat seperti bapak❤️dan Carikan🙏para menteri yang profesional dan jujur..❤️dan bersifat rendah hati.. seperti artis Baim wong.yang selalu menolong orang, berbagi hartanya kepada orang yang membutuhkan dan dalam kebaikan. saya slalu doakan pak presiden sehat selalu..saya suka sikap bapak yang merakyat dan rendah hati ❤️👍🙏 Indonesia maju.nkri harga mati🙏#MENUJU INDONESIA MENJADI NEGARA MAJU BERSAMA ............ ❤️PAK PRESIDEN Ir. H JOKOWI DODO.*salam kami dari rakyat Indonesia*

  • Raden Wisnubroto
    Raden WisnubrotoHari Yang lalu

    Yth. Bapak Presiden RI. Mohon maaf perkenan saya usul nama ibukota baru kita DAYAKARTA (+NEGARA). Nama ibukota tersebut atas dasar: Pertama. kota baru yang maju (modern) yang berdaya dalam segala aspek: kedua, sebagai pengingat nama ibukota lama sebelumnya yaitu Jakarta dan Jayakarta; ketiga, sebagai penghormatan restu masyarakat Dayak di bumi Kalimantan; dan terakhir bisa ditambahkan namanya menjadi DAYAKARTA NEGARA, sebagai tanda ibukota negara REPUBLIK INDONESIA. Terima kasih atas perhatian Bapak Presiden.

  • Oriza
    OrizaHari Yang lalu

    Nanti kalau ada loker gue mau ngelamar ah. Sekarang mau persiapin diri sebaik mungkin.

  • Filah Filah
    Filah Filah2 hari yang lalu

    Indonesia saat masih di tangan presiden Jokowi dan saat tidak ada koruptor

  • kamil kaelani al-asfihan
    kamil kaelani al-asfihan2 hari yang lalu

    Mikirin ajh utang dlu jan ketinggian yang di menikmati yang bawah terus di tindasss

  • Agus Saptono
    Agus Saptono2 hari yang lalu

    ad taman bgini PNS bs ngopi sm ngerokok doank kerjaannya

  • GOZALI SIMON
    GOZALI SIMON2 hari yang lalu

    MANTAP

  • Su parti
    Su parti2 hari yang lalu

    Bagus. Menyatu dengan alam 👍👍

  • UkyoKi
    UkyoKi2 hari yang lalu

    Menyatu dengan alam

  • Agus hartato
    Agus hartato2 hari yang lalu

    Saran sy tolong tambahkan piagam raksasa Garuda Pancasila Bhinneka Tunggal Ika pada bagian tengah lengkungan gedung garuda.

  • Khoirul in am 2
    Khoirul in am 22 hari yang lalu

    Ngimpi Utang kenegara tetangga aja belum lunas Masih ngimpi mau buat ibu kota hahah😂 Aneh

  • Soudi Usr
    Soudi Usr2 hari yang lalu

    keren. semoga cepat terwujud. semoga pak jokowi nggak lupa dengan yang lain juga. nggak lupa dengan calon tki korea dan taiwan yang masih menunggu kepastian. mohon dengan sangat kepada bapak presiden. untuk mencarikan solusi yang terbaik.

  • Casmari Ari
    Casmari Ari2 hari yang lalu

    Subhannallah, saya takjub dengan pradesainya. Semoga sukses untuk pembangunanya pak jokowi

  • Ah Nat
    Ah Nat2 hari yang lalu

    masih banyak sekolah engga layak di indo ... bangun utk menyenangkan pejabat saja ... negeri ini diisi oleh para pejabat bukan pemimpin

  • Lulu Ika Restiyana
    Lulu Ika Restiyana3 hari yang lalu

    Kerennnn 😍🔥

  • jendi sute
    jendi sute3 hari yang lalu

    Gila keren bnget pak de

  • Free Dom
    Free Dom3 hari yang lalu

    Pak jokowi... Jadiin anak jenengan pak saya

  • M. Reza Ramadhan
    M. Reza Ramadhan3 hari yang lalu

    Pak Jokowi tolong fokus untuk pandemi dulu

  • Wibu Wapanesse
    Wibu Wapanesse3 hari yang lalu

    Ini yang terbaik dan saya harap teknologi kita menjadi lebih baik.

  • HATIM GAMING
    HATIM GAMING3 hari yang lalu

    Lahan empuk koruptor

  • Bagus851
    Bagus8513 hari yang lalu

    Apik cah

  • dodi jasmanto
    dodi jasmanto3 hari yang lalu

    KOK HATI KECIL GUA BERKATA ''PROYEK INI BAKALAN SEPERTI HAMBALANG''......

  • YANUARI VICKO
    YANUARI VICKO3 hari yang lalu

    Yang penting jangan sampai merusak ekosistem untuk keseimbangan alam

  • Buzz Boomer
    Buzz Boomer3 hari yang lalu

    nisa sabiyaaaaaannn

  • random aja
    random aja3 hari yang lalu

    pemerintah auto stonk↗️

  • Tunbes Channel
    Tunbes Channel3 hari yang lalu

    Karya Yang Luar Biasa,Garuda Adalah Simbol Dan Persatuan Yang Kuat Di Negara Kita Indonesia Ini.

  • RiSong
    RiSong4 hari yang lalu

    Semoga di ibu kota baru ini tidak ad warga yg membuang sampah sembarangan dan tetap emjaga lingkungan

  • Herru Yudhistira
    Herru Yudhistira4 hari yang lalu

    Kalau ada info lowker karyawan / supir pak , sudah 1 th saya menganggur gara2 ada pandemi Corona .

  • Alisb Ajsks
    Alisb Ajsks4 hari yang lalu

    Yaa allah semoga proses pembuatan nya tidak ada korupsi

  • Chevy Suteja
    Chevy Suteja4 hari yang lalu

    Semoga saya jadi orang sukses Pak. Mohon dukungannya

  • Vania K
    Vania K4 hari yang lalu

    Kalo ga ada koruptor jadi ini istana negara bre ☺️👍

  • JAC gaming
    JAC gaming4 hari yang lalu

    Pak :v sekalian buat toll internet :) jangan cuma toll jalan ;^ makasih

  • Om Ganteng
    Om Ganteng4 hari yang lalu

    Indonesia bisa lebih maju tanpa hutang..

  • • MUFttt
    • MUFttt4 hari yang lalu

    Sepemikiran sama kata kata bossman Tempatnya kurang strategis dan rawan untuk sebuah istana negara

  • tns88

    tns88

    4 hari yang lalu

    Iya kenpa gak di kalsel ja ya, Lbh stratgis Dan mdah djngkau dgn jlur laut krn tpt dtngh2

  • Tirza Sopahella
    Tirza Sopahella4 hari yang lalu

    Keren abis

  • Pul
    Pul4 hari yang lalu

    Aduh pak klo menurut ku kurang futuristik b aj si

  • Dewata Heritage
    Dewata Heritage4 hari yang lalu

    Bentar kok garudanya beda yah

  • Romi Hanif
    Romi Hanif4 hari yang lalu

    Inilah konsep ibukota baru yang futuristik dan bernuansa lingkungan hidup. Saya senang konsep ini. Semoga terwujud ya Pak Presiden!

  • Yande Sunandana
    Yande Sunandana4 hari yang lalu

    Master plan ibu kota negara secara umum menurut pendapat saya sudah sangat baik dgn konsep nagara rimba Nusa, cuma khusus utk pradesain istana negara hendaknya dipertimbangkan lagi komposisi penempatan massa bangunannya agar lebih teratur/formal , dan monumen Garuda itu sebaiknya terpisah dgn bangunan utama istana

  • MUHAMMAD IKRAM
    MUHAMMAD IKRAM4 hari yang lalu

    Desainnya bagus...tpi sia sia pak kalau warga masih menerapkan bumiku tempat sampahku

  • Rhirin Abuniyo
    Rhirin Abuniyo4 hari yang lalu

    Negara ini benar akan maju kalau pemimpinnya berpikiran maju .

  • Asyifa 05
    Asyifa 054 hari yang lalu

    Semoga dalam waktu dekat bisa tercapai#Indonesia maju Amin....

  • Katsume kiribate
    Katsume kiribate4 hari yang lalu

    Tetep dukung D'sign i Nyoman Nuarta buat para insinyur kalian emang bisa nge judge dia berarti kalian lebih jago dong kenapa gak sekalian aja kalian yg buat sendiri D'sign istana nya...

  • Nurul Handini
    Nurul Handini4 hari yang lalu

    Keren bgt, asri pemandangan y... 👍🏻 InsyaAllah...Mo pindah kesana klo ad rezeki, kembali ke tanah leluhur...🤗

  • Giyani A Edu
    Giyani A Edu4 hari yang lalu

    Alhamdulillah bagus bngt pak 😊

  • F-GAMING
    F-GAMING5 hari yang lalu

    Gak yakin bakalan kyk gini jadinya

  • D' Ren
    D' Ren5 hari yang lalu

    Pak Presiden, jangan lupa nanti fasilitas umumnya diperbanyak dan perbagus, hukumnya di perketat, dan lagi soal sampah. Ajak orang orang untuk memilah sampah. Tentunya pemerintahan sediain tempat daur ulang sampah yang banyak juga berfungsi. Kalo sampahnya ga diurus nanti ujung² kaya Jakarta banyak sampah tapi ga ke urus yang ada rusak itu lingkungan. Sayang disana banyak hewan langka👌👌👌

  • My sindesz
    My sindesz5 hari yang lalu

    Kapan mau di bangun??

  • Abdillah Arkenstaen
    Abdillah Arkenstaen5 hari yang lalu

    et dah ini kan udh di protes arsitek, masih ae di post. lagi banyak bgt dekorasi jakarta ae dekorasiny minim...

  • Friska Tri amelia
    Friska Tri amelia5 hari yang lalu

    Kalo ini sih sumpah keren banget, semoga terwujud pak Btw katanya banyak juga yg mengkritik desain ini, mungkin mereka mengkritik karena iri karena desain mereka tidak terpilih Saya sebagai warga negara yang baik dan ingin melihat indonesia lebih maju, apapun desainnya saya hanya bisa mendukung

  • Del_ Model
    Del_ Model5 hari yang lalu

    Amiiin

  • ferry setiawan harefa fery
    ferry setiawan harefa fery5 hari yang lalu

    kpan selesai nya ibu kota baru

  • fusca tosca
    fusca tosca5 hari yang lalu

    Saya berharap sebelum membangun ibu kota baru ..ada baiknya dipikirkan masalah sistem pembuangan air hujan seperti terowongan air bawah tanah terlebih dahulu..serta memikirkan masalah militer defense karna wilayahnya berdekatan dengan negara lain..trims bpk.jokowi 🙏

  • SNIPER KRAMATWATU
    SNIPER KRAMATWATU5 hari yang lalu

    Proyek..proyek

  • Christoper Oslan
    Christoper Oslan5 hari yang lalu

    Bagus, mantul ..... tapi kalau tetep buang sampah sembarangan sama aja boong

  • dimassatri4
    dimassatri45 hari yang lalu

    semangat buat negeri ini lebih baik

  • S MDa
    S MDa5 hari yang lalu

    Kereeeen eyyy... mau ngutang kemana indonesia nih hehe atau pajaknya mau di naikan... hehe salam hormat

  • Batari Buhari
    Batari Buhari5 hari yang lalu

    ya Allah baru tau pak Jokowi punya yutub😭👍

  • MFR Bridge
    MFR Bridge5 hari yang lalu

    Blm bisa bayangin ntar banyak monyet, buaya dan ular disitu

  • Gw Raffi
    Gw Raffi5 hari yang lalu

    Wow tidak primitif:v

  • Mpu Chanakya
    Mpu Chanakya5 hari yang lalu

    keren sih berapa ngabisin biayanya ya pak ?

  • Shinobi Jougan Maybe Boruto Dv
    Shinobi Jougan Maybe Boruto Dv5 hari yang lalu

    Mirip kota masa depan is coll

  • Sunaryo Prawirosusanto
    Sunaryo Prawirosusanto5 hari yang lalu

    Sebaiknya belakang istana bukan patung burung.....akan tetapi sebaiknya bangunan gedung yang tinggi berbentuk kurva melengkung seperti tv LED yang berbentuk melengkung sehingga bisa digunakan untuk menampilkan visual misalkan pak jokowi pidato ...visualnya bisa ditampilkan di dinding gedung yang melengkung tersebut sehingga tampilan pak jokowi tinggi seperti raksasa dan seperti virtual reality 3 dimensi.......terserah pake teknologi panel LED yg dipasang didinding atau pake teknologi laser projektor.....lalu gedungnya berfungsi untuk kantor menteri sekertaris negara dan kantor para menteri koordinator..... Depan istana dibuat lapangan yang luas ....jadi bisa nonton pidato presiden secara drive thru alias nonton dari dalam mobil yang sedang parkir.

  • Geraldo Bagas
    Geraldo Bagas5 hari yang lalu

    Semoga nanti warganya dibiasakan jalan kaki drpd naik kendaraan bermotor. Boleh pakai kendaraan bermotor, tapi jangan sering2

  • Dewa Galaksi
    Dewa Galaksi6 hari yang lalu

    Manusia manusia mending kalian buat perdamaian sama galaksi ku dulu gimana? Nanti aku bakal kasih teknologi dan senjata yg canggih dan galaksi ku juga dapat sumber daya dari kalian gimana?

  • LH Tooyaaa
    LH Tooyaaa6 hari yang lalu

    tahun 2020 selesai kayak nya

  • Mark Twain

    Mark Twain

    6 hari yang lalu

    engga, sampe tahun 2024 baru rampung, silahkan googling

  • ALI Rahmat
    ALI Rahmat6 hari yang lalu

    Seperti kota masa depan+canggih ❤

  • Tukang kayu Chanel
    Tukang kayu Chanel6 hari yang lalu

    Josh banget pakde... Lanjutkan

  • Wibu Sadulur
    Wibu Sadulur6 hari yang lalu

    Daripada membangun ibu kota baru mending urusin Jakarta yang tanahnya terus turun setiap tahunnya.Hampir Tenggelam! Save Our Jakarta

  • Azizi Tan
    Azizi Tan6 hari yang lalu

    JAWA : udud Karo kopi wis kogah dadi

  • MAR KONTOL
    MAR KONTOL6 hari yang lalu

    Wahh indah sekali klo gk ada TIKUS BERDASI nya

  • Generation 234
    Generation 2346 hari yang lalu

    siapa disini yang kangen kampung halaman ☝️

  • Vanz 21
    Vanz 216 hari yang lalu

    Indonesia pas tahun 2077 pengganti cyber Pungky

  • Iyom Romaniah
    Iyom Romaniah6 hari yang lalu

    Yang dislike kenapa sih?

  • Rafy Haryoga
    Rafy Haryoga6 hari yang lalu

    semoga Gx dikorupsi ya pak

  • rara Saidin
    rara Saidin7 hari yang lalu

    Wah bagus pak alam dan pepohonan tetap diutamakan

  • Hariz Freeze
    Hariz Freeze7 hari yang lalu

    Ntarr dipinggir" sungai atau jalan, nanti ada yang jualan gerobak nanti juga, jadi tidak estetik lagi😂😀

  • Aris Saputra
    Aris Saputra7 hari yang lalu

    Mantaapp jadinya palingan klo aku dah tua 🙂

  • Eric Raffi
    Eric Raffi7 hari yang lalu

    Udah istana di bogor jakarta aja jangan sok sok ke kalimantan

  • ziaul haq
    ziaul haq7 hari yang lalu

    Bagus sekali Pak President..., Mudah2an lancar, sukses, berkah...

  • Fauzan Zulfi
    Fauzan Zulfi7 hari yang lalu

    Semoga rakyat disana mendukung, desainnya dah bagus,semoga rakyat sana gak mbangun rumah kumuh di ibu kota baru, njelek2 i

  • The Prama Dhika
    The Prama Dhika7 hari yang lalu

    Klo burung garudanya dibuat patung aja yg besar lebih cocok. Ditempatkan di sejajar lurus istana. Gedung istana nya beda lagi.

  • Hobiku kie Dewi Chuby
    Hobiku kie Dewi Chuby7 hari yang lalu

    Luar biasa... Keren...semga cepat terealisasi

  • Lulu Zain
    Lulu Zain7 hari yang lalu

    Gak kebayang negara gw nanti bakalan se keren ini di masa depan

  • Lulu Zain
    Lulu Zain7 hari yang lalu

    Sumpah keren banget ok pak buat semoderen mungkin se keren mungkin

  • Kimun No Mercy
    Kimun No Mercy7 hari yang lalu

    Hoetank

  • yow
    yow7 hari yang lalu

    Pak coba sewa arsitek deh, biar desainnya ndak jelek.. Rasanya lambang garuda pun itu nggak tersimbolkan.. dan gedung yang melambangkan sesuatu itu bukan berarti secara mentah bentuknya disamain🤦 Saran aja, nggak mungkin didenger juga kan

Berikutnya